GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Gayungan

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Gayungan
UNIT ORGANISASI Kecamatan Gayungan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Program Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik
KEGIATAN Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang tidak Dilaksanakan oleh Unit Kerja Perangkat Daerah yang Ada di Kecamatan
SUB KEGIATAN Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
TUJUAN SUB KEGIATAN Pelayanan di wilayah Gayungan lebih meningkat dan efektif
KODE SUB KEGIATAN 7.01.02.2.02.03
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah penduduk di Kecamatan Gayungan Kota Surabaya L: 48883 P: 49067
    • Jumlah RW kecamatan Gayungan sebanyak 30 L = 29 P = 1
    • Jumlah RT Kecamatan Gayungan sebanyak 163 L = 141 P =31
    • Yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut Kec. Gayungan ASN L: 14 P:13 Non ASN L: 22 P: 9
    • Yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut Kec. Gayungan ASN L: 14 P:13 Non ASN L: 22 P: 9 Kel. Menanggal ASN L: 6 P: 3 Non ASN L : 4 P : 6 Kel.Dukuh Menanggal ASN L : 3 P : 6 Non ASN L : 7 P : 4 Kel. Ketintang ASN L : 6 P :5 Non ASN L : 7 P : 4 Kel. Gayungan ASN L: 3 P : 6 Non ASN L : 7 P : 4
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya akses yang sama antara laki-laki dan perempuan untuk menjadi pengurus kelembagaan dengan perbandingan laki-laki 60 persen perempuan 40 persen
      Partisipasi:
      lebih banyak laki-laki yang menjadi pengurus lembaga kemasyarakatan daripada perempuan dengan perbandingan laki-laki 90 persen perempuan 10 persen
      Kontrol:
      yang melakukan pengawasan dalam kegiatan ini lebih domain ke laki-laki sebesar 56 persen perempuan 44 persen
      Manfaat:
      semua warga berhak mendapatkan pelayanan yang baik dan efektif
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. SDM yang menangani pelayanan umum sudah cukup 2. Sarana Prasarana kurang memadai dalam sub kegiatan ini
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Lebih banyak laki-laki yang mengikuti lembaga kemasyarakatan dalam menerima informasi pelayanan umum 2. Adanya pemahaman warga bahwa segala sesuatu bentuk pelayanan harus mengetahui RT RW setempat
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan pelayanan umum yang terintegritas dan efektif Meningkatkan peran serta RT RW dalam memberikan memberikan pelayanan umum ke warga
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: meningkatnya pelayanan umum yang meningkat dan efektif
    Outcome: kepuasan masyarakat meningkat laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama dalam mengikuti lembaga kemasyarakatan dengan perbandingan laki-laki 60 persen perempuan 40 persen
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 13240600
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melakukan pendataan dan sosialisasi terkait pelayanan umum
Aktivitas 2 Melakukan evaluasi terkait kekurangan dalam meberikan pelayanan umum
Aktivitas 3 1. Melakukan pendataan kepada warga
Aktivitas 4 2. memberikan sosialisasi kepada warga terkait program program pemerintah
Aktivitas 5 3. melakukan evaluasi terkait kekurangan dalam memberikan pelayanan umum
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
meningkatnya pelayanan umum yang meningkat dan efektif
Outcome:
kepuasan masyarakat meningkat laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama dalam mengikuti lembaga kemasyarakatan dengan perbandingan laki-laki 60 persen perempuan 40 persen