GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Komunikasi dan Informatika

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Komunikasi dan Informatika
UNIT ORGANISASI Dinas Komunikasi dan Informatika
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Program Pengelolaan Aplikasi Informatika
KEGIATAN Pengelolaan e-government Di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan pelaksanaan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
KODE SUB KEGIATAN 2.16.03.2.02.10
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Dinas Komunikasi dan Informatika memberikan pembelajaran TIK secara gratis bagi masyarakat melalui program Broadband Learning Center (BLC).
    • Pengajar BLC adalah pegawai Pemkot Surabaya yang memberikan pelatihan pada BLC. Pengajar BLC wajib memiliki background pendidikan Teknik Informatika / Sistem Informasi. Pengajar BLC memiliki kemampuan dalam bidang TI yang berbeda-beda. Pengajar perlu memiliki kemampuan mengajar atau presentasi yang bagus.
    • Pengajar perlu menguasai materi: Aplikasi Perkantoran (Word, Excel, Powerpoint), Desain Grafis (Inkscape, Photoshop, Canva), Video Editing (Capcut), Pemrograman dasar (Scratch)
    • Pengajar Broadband Learning Center (BLC) sejumlah 31 dengan rincian: L: 22 (71%) P: 9 (29 %)
    • Jumlah masyarakat yang mendapatkan peningkatan kemampuan TIK melalui BLC tahun 2021 sebanyak 10.753 dengan komposisi laki-laki 5.537 dan perempuan 5.216.
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Pengajar BLC mendapatkan akses dari Dinkominfo untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang TIK.
      Partisipasi:
      Proporsi laki-laki 22 (71%) yang menjadi pengajar BLC lebih tinggi dibanding perempuan 9 (29 %).
      Kontrol:
      Pengajar melaksanakan pembelajaran atas perintah dari Dinas Komunikasi dan Informatika.
      Manfaat:
      Hasil dari pengembangan keterampilan Pengajar BLC dapat diberikan ke peserta dan pengunjung BLC.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Pengajar BLC belum menguasai seluruh materi yang dibutuhkan.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Peminat untuk menjadi Pengajar BLC lebih banyak laki-laki.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan jumlah pelaksanaan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah beserta kelengkapan dokumennya untuk Pengajar BLC dan masyarakat.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: 1. Semua Pengajar BLC mendapatkan pelatihan agar terpenuhi kompetensinya. 2. Jumlah masyarakat yang mendapatkan peningkatan kemampuan TIK tahun 2023 sebanyak 11.829 dengan komposisi laki-laki 6.091 dan perempuan 5.738.
    Outcome: Jumlah Dokumen Pelaksanaan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 3563698095
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pelatihan peningkatan kemampuan untuk tenaga Pengajar BLC.
Aktivitas 2 Pelatihan peningkatan kemampuan TIK untuk masyarakat.
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
1. Semua Pengajar BLC mendapatkan pelatihan agar terpenuhi kompetensinya. 2. Jumlah masyarakat yang mendapatkan peningkatan kemampuan TIK tahun 2023 sebanyak 11.829 dengan komposisi laki-laki 6.091 dan perempuan 5.738.
Outcome:
Jumlah Dokumen Pelaksanaan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah