NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
Program Pengelolaan Aplikasi Informatika |
KEGIATAN
|
Pengelolaan e-government Di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota |
SUB KEGIATAN
|
Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatkan pelaksanaan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah |
KODE SUB KEGIATAN
|
2.16.03.2.02.10 |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Dinas Komunikasi dan Informatika memberikan pembelajaran TIK secara gratis bagi masyarakat melalui program Broadband Learning Center (BLC).
- Pengajar BLC adalah pegawai Pemkot Surabaya yang memberikan pelatihan pada BLC. Pengajar BLC wajib memiliki background pendidikan Teknik Informatika / Sistem Informasi. Pengajar BLC memiliki kemampuan dalam bidang TI yang berbeda-beda. Pengajar perlu memiliki kemampuan mengajar atau presentasi yang bagus.
- Pengajar perlu menguasai materi: Aplikasi Perkantoran (Word, Excel, Powerpoint), Desain Grafis (Inkscape, Photoshop, Canva), Video Editing (Capcut), Pemrograman dasar (Scratch)
- Pengajar Broadband Learning Center (BLC) sejumlah 31 dengan rincian:
L: 22 (71%)
P: 9 (29 %)
- Jumlah masyarakat yang mendapatkan peningkatan kemampuan TIK melalui BLC tahun 2021 sebanyak 10.753 dengan komposisi laki-laki 5.537 dan perempuan 5.216.
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Pengajar BLC mendapatkan akses dari Dinkominfo untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang TIK.
Partisipasi:
Proporsi laki-laki 22 (71%) yang menjadi pengajar BLC lebih tinggi dibanding perempuan 9 (29 %).
Kontrol:
Pengajar melaksanakan pembelajaran atas perintah dari Dinas Komunikasi dan Informatika.
Manfaat:
Hasil dari pengembangan keterampilan Pengajar BLC dapat diberikan ke peserta dan pengunjung BLC.
- Sebab Kesenjangan Internal :
Pengajar BLC belum menguasai seluruh materi yang dibutuhkan.
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Peminat untuk menjadi Pengajar BLC lebih banyak laki-laki.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan jumlah pelaksanaan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah beserta kelengkapan dokumennya untuk Pengajar BLC dan masyarakat.
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: 1. Semua Pengajar BLC mendapatkan pelatihan agar terpenuhi kompetensinya.
2. Jumlah masyarakat yang mendapatkan peningkatan kemampuan TIK tahun 2023 sebanyak 11.829 dengan komposisi laki-laki 6.091 dan perempuan 5.738.
Outcome: Jumlah Dokumen Pelaksanaan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
3563698095 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Pelatihan peningkatan kemampuan untuk tenaga Pengajar BLC. |
Aktivitas 2 |
Pelatihan peningkatan kemampuan TIK untuk masyarakat. |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
1. Semua Pengajar BLC mendapatkan pelatihan agar terpenuhi kompetensinya.
2. Jumlah masyarakat yang mendapatkan peningkatan kemampuan TIK tahun 2023 sebanyak 11.829 dengan komposisi laki-laki 6.091 dan perempuan 5.738.
Outcome:
Jumlah Dokumen Pelaksanaan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
|