NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik |
KEGIATAN
|
Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota |
SUB KEGIATAN
|
Pengelolaan Media Komunikasi Publik |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Penyediaan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya |
KODE SUB KEGIATAN
|
2.16.02.2.01.05 |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya 736.456 pengikut
- Jumlah penduduk Kota Surabaya :
L: 1.479.715 (49,5%)
P: 1.508.148 (50,5%)
- 1. Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya
L: 84.280 (55,4%)
P: 67.741 (44,6%)
2. Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya :
L: 335.488 (57,5%)
P: 247.850 (42,5%)
- Eselon II = L:1 P:0 , Eselon II = L:1 P:0 , Eselon II = L:0 P:1
- Meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya
L: 419.768 (57,1%)
P: 315.591 (42,9%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya
Partisipasi:
1. Proporsi laki-laki (55,4%) yang yang mengikuti akun Sapawarga Kota Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (44,6%)
2. Proporsi laki-laki (57,5%) yang yang mengikuti akun Bangga Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (42,5%)
Kontrol:
Pejabat pengawas kegiatan Pengelolaan Media Komunikasi Publik didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Terwujudnya publikasi mengenai informasi program Pemerintah Kota Surabaya
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif gender
2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki
2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Menerima pengikut sosial media baik laki-laki maupun perempuan
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: 1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya.
Dari 466.696 pengikut menjadi 736.456 pengikut (57,8%)
2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya mengalami kenaikan
Laki – laki dari 40.435 pengikut menjadi 84.280 pengikut (108,4%).
Perempuan dari 32.694 pengikut menjadi 67.741 pengikut (107,2%)
3. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya mengalami kenaikan
Laki – laki dari 225.467 pengikut menjadi 335.488 pengikut (48,8%).
Perempuan dari 168.100 pengikut menjadi 247.850 pengikut (47,4%)
Outcome: Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya :
Laki – laki dari 265.902 pengikut menjadi 419.768 pengikut (57,9%).
Perempuan dari 200.794 pengikut menjadi 315.591 pengikut (57,2%)
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
11894660332 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Melaksanakan pembuatan dashboard analisa insight sosial media |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya.
Dari 466.696 pengikut menjadi 736.456 pengikut (57,8%)
2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya mengalami kenaikan
Laki – laki dari 40.435 pengikut menjadi 84.280 pengikut (108,4%).
Perempuan dari 32.694 pengikut menjadi 67.741 pengikut (107,2%)
3. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya mengalami kenaikan
Laki – laki dari 225.467 pengikut menjadi 335.488 pengikut (48,8%).
Perempuan dari 168.100 pengikut menjadi 247.850 pengikut (47,4%)
Outcome:
Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya :
Laki – laki dari 265.902 pengikut menjadi 419.768 pengikut (57,9%).
Perempuan dari 200.794 pengikut menjadi 315.591 pengikut (57,2%)
|