GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Komunikasi dan Informatika

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Komunikasi dan Informatika
UNIT ORGANISASI Dinas Komunikasi dan Informatika
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik
KEGIATAN Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Pengelolaan Media Komunikasi Publik
TUJUAN SUB KEGIATAN Penyediaan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya
KODE SUB KEGIATAN 2.16.02.2.01.05
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya 736.456 pengikut
    • Jumlah penduduk Kota Surabaya : L: 1.479.715 (49,5%) P: 1.508.148 (50,5%)
    • 1. Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya L: 84.280 (55,4%) P: 67.741 (44,6%) 2. Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya : L: 335.488 (57,5%) P: 247.850 (42,5%)
    • Eselon II = L:1 P:0 , Eselon II = L:1 P:0 , Eselon II = L:0 P:1
    • Meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya L: 419.768 (57,1%) P: 315.591 (42,9%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya
      Partisipasi:
      1. Proporsi laki-laki (55,4%) yang yang mengikuti akun Sapawarga Kota Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (44,6%) 2. Proporsi laki-laki (57,5%) yang yang mengikuti akun Bangga Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (42,5%)
      Kontrol:
      Pejabat pengawas kegiatan Pengelolaan Media Komunikasi Publik didominasi oleh laki-laki
      Manfaat:
      Terwujudnya publikasi mengenai informasi program Pemerintah Kota Surabaya
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif gender 2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki 2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Menerima pengikut sosial media baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: 1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya. Dari 466.696 pengikut menjadi 736.456 pengikut (57,8%) 2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya mengalami kenaikan Laki – laki dari 40.435 pengikut menjadi 84.280 pengikut (108,4%). Perempuan dari 32.694 pengikut menjadi 67.741 pengikut (107,2%) 3. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya mengalami kenaikan Laki – laki dari 225.467 pengikut menjadi 335.488 pengikut (48,8%). Perempuan dari 168.100 pengikut menjadi 247.850 pengikut (47,4%)
    Outcome: Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya : Laki – laki dari 265.902 pengikut menjadi 419.768 pengikut (57,9%). Perempuan dari 200.794 pengikut menjadi 315.591 pengikut (57,2%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 11894660332
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melaksanakan pembuatan dashboard analisa insight sosial media
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya. Dari 466.696 pengikut menjadi 736.456 pengikut (57,8%) 2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya mengalami kenaikan Laki – laki dari 40.435 pengikut menjadi 84.280 pengikut (108,4%). Perempuan dari 32.694 pengikut menjadi 67.741 pengikut (107,2%) 3. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya mengalami kenaikan Laki – laki dari 225.467 pengikut menjadi 335.488 pengikut (48,8%). Perempuan dari 168.100 pengikut menjadi 247.850 pengikut (47,4%)
Outcome:
Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya : Laki – laki dari 265.902 pengikut menjadi 419.768 pengikut (57,9%). Perempuan dari 200.794 pengikut menjadi 315.591 pengikut (57,2%)