NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik |
KEGIATAN
|
Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota |
SUB KEGIATAN
|
Pelayanan Informasi Publik |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Menerima Keluhan dan Pengaduan Masyarakat serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik |
KODE SUB KEGIATAN
|
2.16.02.2.01.06 |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Adanya kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik.
1.730.083 Orang
- Jumlah penduduk Kota Surabaya :
L: 1.479.715 (49,5%)
P: 1.508.148 (50,5%)
- Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline
L: 6 (46,2%)
P: 7 (53,8%)
Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online
L : 8.000 (69,7%)
P : 3.474 (30,3%)
- Eselon II = L: 1 P: 0 , Eselon III = L: 1 P: 0 , Eselon IV = L: 0 P: 1
- Meningkatnya aksesibilitas masyarakat dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik
L: 8.006 (69,7%)
P: 3.481 (30,3%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan informasi perihal layanan Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik
Partisipasi:
Proporsi laki-laki (69,7%) yang melakukan Keluhan dan Pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online lebih tinggi dibanding perempuan (30,3%)
Kontrol:
Pejabat pengawas kegiatan Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Meningkatkan aksesibilitas perempuan (30,3%) dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik lebih rendah dibandingkan laki-laki (69,7%)
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif gender
2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki
2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Menerima Keluhan dan Pengaduan Masyarakat serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik baik laki-laki maupun perempuan
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: 1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik.
Dari 1.553.187 orang menjadi 1.730.083 orang (11,4%)
2. Masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan, serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline mengalami kenaikan
Perempuan dari 4 orang menjadi 7 orang (75,0%)
Meningkatnya Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online Perempuan dari 2.925 orang menjadi 3.474 orang (18,8%)
Outcome: Terciptanya masyarakat yang transparan dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik.
Perempuan dari 2.929 orang menjadi 3.481 orang (18,8%)
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
865694916 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Melaksanakan pembuatan dashboard analisa data pengaduan masyarakat untuk seluruh OPD |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik.
Dari 1.553.187 orang menjadi 1.730.083 orang (11,4%)
2. Masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan, serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline mengalami kenaikan
Perempuan dari 4 orang menjadi 7 orang (75,0%)
Meningkatnya Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online Perempuan dari 2.925 orang menjadi 3.474 orang (18,8%)
Outcome:
Terciptanya masyarakat yang transparan dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik.
Perempuan dari 2.929 orang menjadi 3.481 orang (18,8%)
|