GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata
UNIT ORGANISASI Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program Pemasaran Pariwisata
KEGIATAN Pemasaran Pariwisata Dalam dan Luar Negeri Daya, Destinasi dan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Fasilitasi Kegiatan Pemasaran Pariwisata Baik dalam dan Luar Negeri Pariwisata Kabupaten/Kota
TUJUAN SUB KEGIATAN Memfasilitasi pelajar di Surabaya untuk menjadi Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya
KODE SUB KEGIATAN -
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Peserta Cak dan Ning pada tahun 2022 Kota Surabaya: L : 32 P : 167
    • Jumlah Cak dan Ning terpilih (pemenang) pada tahun 2022 Kota Surabaya: L : 15 P : 15
    • -
    • -
    • -
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Baik laki-laki maupun perempuan mendapat akses informasi secara seimbang melalui media sosial pada sub-kegiatan ini
      Partisipasi:
      Yang mendaftar sebagai calon Cak dan Ning banyak didominasi perempuan
      Kontrol:
      Pengontrol sub kegiatan ini adalah Kepala Bidang Pariwisata yang dijabat oleh seorang Perempuan
      Manfaat:
      Jumlah Cak dan Ning terpilih (pemenang) pada tahun 2022 Kota Surabaya : L : 15 P : 15
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. SDM yang berwawasan wisata gender cukup terbatas 2. kurangnya kesadaran sebagai masyarakat sadar wisata
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. adanya anggapan/persepsi bahwa duta wisata hanya identik dengan perempuan 2. kurangnya informasi terkait peran serta duta wisata Cak dan Ning di dalam masyarakat
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Memfasilitasi pelajar atau pemuda yang berkesetaraan gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Duta Wisata Cak Ning 30 orang: L : 15 P : 15
    Outcome: Terpilihnya Duta Wisata yang dapat mengembangkan budaya dan pariwisata di Kota Surabaya serta mampu mempromosikan potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kota Surabaya
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 564612512
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pemasaran Pariwisata Dalam dan Luar Negeri Daya Tarik, Destinasi dan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten/Kota
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Duta Wisata Cak Ning 30 orang: L : 15 P : 15
Outcome:
Terpilihnya Duta Wisata yang dapat mengembangkan budaya dan pariwisata di Kota Surabaya serta mampu mempromosikan potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kota Surabaya