GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Benowo

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Benowo
UNIT ORGANISASI Kecamatan Benowo
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM ROGRAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK
KEGIATAN Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang Dilimpahkan kepada Camat
SUB KEGIATAN Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan Nonperizinan
TUJUAN SUB KEGIATAN Terselesaikannya pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan dan non perizinan
KODE SUB KEGIATAN ROGRAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah warga Kelurahan Kecamatan Benowo L:35,524 P: 35,464
    • Jumlah Tokoh Masyarakat yg menerima informasi tentang kegia tan pembangu nan L : 4 P : 0
    • Jumlah RW : 26 L :26 P : - Jml LPMK : 4 L : 4 P : -
    • Jumlah Toko masyarakat mengikuti musrembang RT Jumlah : L : 152 P : 11 Jumlah RW : L :26 P : -
    • Pejabat yang melakukan pengawasa pada kegiatan tersebut Eselen L = 2 P = 3
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan dalam mendapatkan Informasi terkait pemahamman dalam mendapatkan pelayanan pemerintahan dan pelayanan publik lainya. Tidak ada perbedaan Pelayan antara laki laki dan perempuan
      Partisipasi:
      Dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, setiap individu perlu menghindari adanya sikap diskriminasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat (Seimbang antara laki laki dan perempuan/tidak ada pembedaan)
      Kontrol:
      Pejabat pengambil keputusan yang memiliki control dalam pengambilaln keputusan/kebijakan terkait dengan pelayanan publik adalah camat melalui Kepala Seksi Pemerintahan
      Manfaat:
      Semua masyarakat baik laki laki maupun perempuan menerima manfaat terkait pelayanan pemerintahan dan pelayanan publik dengan sama rata dan sama rasa
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Kurangnya pemahaman tentang Petunjuk teknis penyusunan penetapan dan penerapan standar pelayanan publik yang memperhatikan kesetaraan Gender - Kurangnya SDM Pendukung Keadilan Gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      - Kurangnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya tertib administrasi kependudukan dalam kehidupan bermasyarakat. - Pola pikir dimasyarakat bahwa Pekerjaan/rutinitas keseharian mereka yang bekerja lebih penting dibanding tertib administrasi pelayanan publik - Adanya Keinginan masyarakat terkait Foto Pelayanan KTP jika itu Perempuan harus dilayanai oleh Petugas Perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan Kualitas pelayanan publik yang efektif dan inovatif yang Responsif Gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Sarana dan Prasarana Lembaga Kemasyarakatan yang Disediakan
    Outcome: Terfasilitasinya jaringan Internet di lingkungan kelurahan di setiap Balai RW
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 7159500
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melakukan Pelayanan publik tanpa adanya pembedaan gender
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Sarana dan Prasarana Lembaga Kemasyarakatan yang Disediakan
Outcome:
Terfasilitasinya jaringan Internet di lingkungan kelurahan di setiap Balai RW