GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Tandes

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Tandes
UNIT ORGANISASI Kecamatan Tandes
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan
KEGIATAN Program Pemberdayaan Mayarakat Desa dan Kelurahan
SUB KEGIATAN Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
TUJUAN SUB KEGIATAN Laporan Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
KODE SUB KEGIATAN Program Pemberdayaan Mayarakat Desa dan Kelurahan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah UMKM/Pelaku Usaha dI Kecamatan Tandes yang terdata adalah L : 1877; P : 2121
    • Jumlah Pelaku Usaha yg menerima intervensi L : 1877; P : 2121
    • Jumlah Pelaku Usaha yg aktif L : 867; P : 1250
    • Pejabat yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut - Eselon III: L : 2; P :0 - Eselon IV: L :1; P :0 - Staf : L : 1; P : 3
    • Meningkatnya perekonomian/pendapatan Masyarakat/pelaku usaha L : 867; P : 1250
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi & kesempatan tentang Kegiatan Dengan perbandingan Laki laki (21,7%) Perempuan (25,56 %)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Pelaku Usaha/UMKM yg masih aktif lebih banyak perempuan daripada laki-laki dengan presentase laki-laki sebanyak 21,7 %, perempuan 25,56 %.
      Kontrol:
      Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini didominasi perempuan.
      Manfaat:
      Proporsi Pelaku Usaha/UMKM yg masih aktif dalam mengikuti kegiatan dan bertahan dimasa pandemi lebih tinggi perempuan daripada laki -laki
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      a. Tidak semua Pelaku Usaha yg paham dan mengerti tentang ilmu marketing dan pengembangan usaha b. Kurang tersedianya Sarana dan Prasarana untuk mendukung kegiatan perekonomian
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi masyarakat bahwa Pelaku UMKM lebih tepat/baik perempuan karena dianggap lebih telaten
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan Pemahaman dan pengetahuan dan kemampuan pelaku usaha / UMKM tentang peluang usaha dan ilmu marketing
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022 P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)
    Outcome: Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022) P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 23280000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pelatihan peningkatan UMKM, baik itu kualitas produk, marketing maupun managemen
Aktivitas 2 Mencari peluang usaha dg bekerjasama dengan pihak lain maupun mencari CSR
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022 P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)
Outcome:
Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022) P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)