NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Kecamatan Tandes |
UNIT ORGANISASI
|
Kecamatan Tandes |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan |
KEGIATAN
|
Program Pemberdayaan Mayarakat Desa dan Kelurahan |
SUB KEGIATAN
|
Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Laporan Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat |
KODE SUB KEGIATAN
|
Program Pemberdayaan Mayarakat Desa dan Kelurahan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah UMKM/Pelaku Usaha dI Kecamatan Tandes yang terdata adalah L : 1877; P : 2121
- Jumlah Pelaku Usaha yg menerima intervensi L : 1877; P : 2121
- Jumlah Pelaku Usaha yg aktif L : 867; P : 1250
- Pejabat yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut
- Eselon III: L : 2; P :0
- Eselon IV: L :1; P :0
- Staf : L : 1; P : 3
- Meningkatnya perekonomian/pendapatan Masyarakat/pelaku usaha L : 867; P : 1250
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi & kesempatan tentang Kegiatan Dengan perbandingan Laki laki (21,7%) Perempuan (25,56 %)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Pelaku Usaha/UMKM yg masih aktif lebih banyak perempuan daripada laki-laki dengan presentase laki-laki sebanyak 21,7 %, perempuan 25,56 %.
Kontrol:
Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini didominasi perempuan.
Manfaat:
Proporsi Pelaku Usaha/UMKM yg masih aktif dalam mengikuti kegiatan dan bertahan dimasa pandemi lebih tinggi perempuan daripada laki -laki
- Sebab Kesenjangan Internal :
a. Tidak semua Pelaku Usaha yg paham dan mengerti tentang ilmu marketing dan pengembangan usaha
b. Kurang tersedianya Sarana dan Prasarana untuk mendukung kegiatan perekonomian
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Adanya persepsi masyarakat bahwa Pelaku UMKM lebih tepat/baik perempuan karena dianggap lebih telaten
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan Pemahaman dan pengetahuan dan kemampuan pelaku usaha / UMKM tentang peluang usaha dan ilmu marketing
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022 P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)
Outcome: Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022) P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
23280000 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Pelatihan peningkatan UMKM, baik itu kualitas produk, marketing maupun managemen |
Aktivitas 2 |
Mencari peluang usaha dg bekerjasama dengan pihak lain maupun mencari CSR |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022 P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)
Outcome:
Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari (2022) L 498 (36%) Menjadi (2023) L 867 (64%) dari (2022) P 758 (38%) Menjadi (2023) P 1250 (62%)
|