GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
UNIT ORGANISASI Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN/ KOTA
KEGIATAN Administrasi Umum Perangkat Daerah
SUB KEGIATAN Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan nilai pelayanan kebutuhan perkantoran
KODE SUB KEGIATAN 2.08.01.2.06.02
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Pegawai DP3APPKB 128 orang Jumlah ASN : 25 orang L: 3 orang P: 22 orang Jumlah Tenaga Kontrak : 103 orang L : 61 orang P : 42 orang
    • Jumlah bidang/unit yang perlu dilayani : 1. Sekretariat 2. Bidang Pengarusutamaan Gender dan Pemenuhan Hak Anak 3. Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak 4. Bidang Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Keluarga Sejahtera 5. UPT PPA
    • Jumlah rekening : 24 rekening barjas
    • 24 rekening barjas terealisasi
    • -
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Seluruh pegawai (setiap bidang) mendapat akses menyeluruh untuk kebutuhan kinerja bidang.
      Partisipasi:
      Pelayanan penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor dilaksanakan oleh sekretariat.
      Kontrol:
      >Penilaian kinerja pelayanan sekretariat oleh bidang dilakukan melalui survei kuisioner e-performance. >Pengadaan belanja pakai habis berkoordinasi sesuai kebutuhan bidang. >Pengendalian kartu stok barang pakai habis sesuai analisis kebutuhan pemakaian barang
      Manfaat:
      Kinerja pegawai dan operasional kantor perjalan dengan baik.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Perlu pengkajian kebutuhan rill setiap bidang terkait barang jasa yang diakomodir sekretariat
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Permintaan rasionalisasi anggaran terhadap sub kegiatan Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor oleh Tim Anggaran perangkat daerah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Mengembangkan sistem pelayanan barang jasa dengan lebih efektif dan efisien
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: 1. Terlaksananya sinergi antara Sekretariat dan bidang dalam mewujudkan budaya kerja efektif dan efisien 2. Terlaksananya kinerja operasional perkantoran dengan baik.
    Outcome: Indikator Subkegiatan: Jumlah Paket Peralatan dan Perlengkapan Kantor yang Disediakan Indikator Kegiatan: Persentase pelaksanaan administrasi umum serta ketersediaan peralatan dan perlengkapan kantor Indikator Program: Tingkat kepuasan pegawai terhadap pelayanan kesekretariatan
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 2548678961
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1. Sosialisasi alur pelayanan bidang terkait kebutuhan barang dan jasa
Aktivitas 2 2. Monitoring dan evaluasi internal terkait ketersediaan barang dan jasa.
Aktivitas 3 3. Koordinasi dengan TAPD terkait ketersediaan komponen anggaran yang akan direalisasi.
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
1. Terlaksananya sinergi antara Sekretariat dan bidang dalam mewujudkan budaya kerja efektif dan efisien 2. Terlaksananya kinerja operasional perkantoran dengan baik.
Outcome:
Indikator Subkegiatan: Jumlah Paket Peralatan dan Perlengkapan Kantor yang Disediakan Indikator Kegiatan: Persentase pelaksanaan administrasi umum serta ketersediaan peralatan dan perlengkapan kantor Indikator Program: Tingkat kepuasan pegawai terhadap pelayanan kesekretariatan