GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

NAMA PERANGKAT DAERAH Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
UNIT ORGANISASI Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Program Pengembangan Sumber Daya Manusia
KEGIATAN Pengembangan Kompetensi Teknis
SUB KEGIATAN Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Umum, Inti, dan Pilihan bagi Jabatan Administrasi Penyelenggara Urusan Pemerintahan Konkuren, Perangkat Daerah Penunjang, dan Urusan Pemerintahan Umum
TUJUAN SUB KEGIATAN Jumlah ASN yang Mengikuti Pengembangan Kompetensi
KODE SUB KEGIATAN Kode Sub Kegiatan 5.03.02.2.02.03
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah ASN = 12340 L = 4877 P =7463 Jumlah ASN yang mendapat kesempatan mengembangkan kompetensi teknis : 5206 L : 2622 ; P : 2584 L : 50.36% P : 49.64% Jumlah ASN yang belum mendapat kesempatan mengembangkan kompetensi teknis: jumlah : 7134 orang, L : 2255 P : 4879
    • Jenis diklat yang disediakan : 1. Admin perkantoran 2. Bimbingan Teknis Pelayanan Publik Bagi Kelurahan 3. Diklat Bendahara Layanan Umum Daerah (BLUD) 4. Diklat Bendahara Berbasis Akrual
    • 5. Diklat Konvensi Hak Anak Gugus Tugas Kota Layak Anak 6. Diklat Pengadaan Barang Jasa 7. Diklat Pengurus Barang Milik Daerah 8. Diklat Pertanahan dan Tertib Admnistrasi Tingkat Dasar
    • 9. Elearning Admnistrasi Perkantoran 10. Elearning Pelayanan Publik 11. In House In House Training Bagi Kepala Seksi ketentraman, Ketertiban Umum dan Pembagunan (Kasi Trantibang) Kelurahan dan Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum (kasiTrantib) Kecamatan Se Kota Surabaya 12. In House Training Bendahara dan Pengadministrasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 13. In House Training Inovasi Pelayanan Publik
    • 14. In House Training Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya 15. In House Training Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan 16. In House Training Manajemen Kepegawaian 17. In House Training Pelaksanaan Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi 18. In House Training Pelayanan Administrasi Kependudukan (ADMINDUK) bagi Petugas ADMINDUK Kecamatan dan Kelurahan 19. In House Training Pelayanan Prima bagi pegawai Kecamatan dan Kelurahan 20. In House Training Pembekalan Materi Ujian Penyesuaian Ijazah Bagi PNS Pemerintah Kota Surabaya 21. In House Training Pemrosesan Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK), Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Pengawasan Bangunan Bagi Kecamatan dan Kelurahan 22. In House Training Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Inspektorat Kota Surabaya 23. In House Training Pengelolaan Arsip 24. In House Training Penyegaran Materi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan Bendahara di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya 25. In House Training Sosialisasi Pengembangan Kompetensi PNS Melalui Jalur Pendidikan dengan Mekanisme Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) 26. In House Training Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sip 27. In House Training Sosialisasi Peraturan Walikota Surabaya Nomor 39 Tahun 2021 tentang Nilai Dasar, Kode Etik dan Kode Perilaku Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya dan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 52 Tahun 2020 tentang Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya 28. Manajemen Pegawai 29. Membangun Kerjasama Tim Yang Efektif 30. Pelatihan Dasar-Dasar AMDAL bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya 31. Pelatihan Desain Presentasi PPT 32. Pelatihan Public Speaking 33. Pelayanan Publik 34. Pengembangan Organisasi Publik 35. Pengembangan Potensi ASN 36. Pengembangan Publik Speaking ASN 37. Revolusi Mental Bagi ASN 38. Sosialisasi Internalisasi Core Values ASN Berakhlak Batch1 39. Teknis Pelaksanaan Anggaran, Belanja dan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Pelatihan terbuka untuk seluruh ASN
      Partisipasi:
      ASN yang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan bersedia hadir
      Kontrol:
      Kontrol pelatihan ada pada perintah pimpinan
      Manfaat:
      Mendapatkan peningkatan kompetensi ASN guna mendukungg kinerja
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      • Ketersediaan narasumber, • Perubahan jadwal, • Perubahan lokasi pelatihan
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      a. Peserta yang dikirim oleh instansi berbeda dengan SP b. Peserta yang dikirim tidak sesuai kriteria yang diminta/seadanya
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Jumlah ASN yang Mengikuti Pengembangan Kompetensi secara merata
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah ASN yang mendapat kesempatan mengembangkan kompetensi teknis : 5206 L : 2622 ; P : 2584 L : 50.36% P : 49.64% meningkatnya jumlah ASN perempuan yang mengikuti pengembangan kompetensi semula L : 50.36% P : 49.64% menjadi L : 50.00% P : 50.00%
    Outcome: Persentase ASN perempuan yang memiliki kesempatan mengembangkan kompetensi semula L : 50.36% P : 49.64% menjadi L : 50.00% P : 50.00%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 4365948764
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melaksanakan kegiatan pengembangan kompetensi dengan memilih kandidat atau calon peserta yang belum mendapat kesempatan mengembangkan kompetensi.
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah ASN yang mendapat kesempatan mengembangkan kompetensi teknis : 5206 L : 2622 ; P : 2584 L : 50.36% P : 49.64% meningkatnya jumlah ASN perempuan yang mengikuti pengembangan kompetensi semula L : 50.36% P : 49.64% menjadi L : 50.00% P : 50.00%
Outcome:
Persentase ASN perempuan yang memiliki kesempatan mengembangkan kompetensi semula L : 50.36% P : 49.64% menjadi L : 50.00% P : 50.00%