NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Perhubungan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Perhubungan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
Program Penyelenggaraan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) |
KEGIATAN
|
Pengelolaan Terminal Tipe C |
SUB KEGIATAN
|
Pengembangan Sarana dan Prasarana Terminal |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Menyelenggarakan Pengelolaan Terminal Angkutan Umum di Surabaya, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa angkutan umum |
KODE SUB KEGIATAN
|
Pengelolaan Terminal Penumpang Tipe C |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah terminal yang dikelola 14 terminal selama 12 bulan (2022).
Jumlah angkutan yang ada di Surabaya :
- Lyn 4562 unit yang terbagi atas 58 trayek
- Bus Kota 260 unit yang terbagi atas 22 trayek
Jenis angkutan yang dimiliki kota Surabaya :
- Lyn
- Surabaya Bus
- Bus Kota
- Lokasi terminal ada 14 titik :
- Terminal Joyoboyo
- Terminal TOW
- Terminal Bratang
- Terminal Keputih
- Terminal KWR Ampel
- Terminal Kalimas Barat
- Terminal Kasuari
- Terminal Dukuh Kupang
- Terminal Dukuh Menanggal
- Terminal Balongsari
- Terminal Manukan
- Terminal Benowo
- Terminal Lidah Kulon
- Terminal Bulak
- Jenis pelayanan yang dilakukan pada terminal :
- Mengatur sirkulasi penumpang angkutan umum
- Menjaga keamanan serta ketertiban di lingkungan terminal
- Sarana & Prasarana Terminal di Kota Surabaya
- Ruang Laktasi
- Toilet Difabel
- Toilet (Pria dan Wanita)
- Mushola
- Jalur Difabel
- Taman Lalu Lintas
- Sentra Kuliner
- Tempat Parkir
- Jumlah Pegawai Dalam Kegiatan Pengelolaan Terminal Angkutan Umum
L : 85%
P : 15%
Jumlah Penumpang di Terminal Tahun 2022
L : 70%
P : 30%
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Peluang akses dalam menggunakan sarana prasarana di dalam terminal adalah sama.
Adanya kesamaan informasi perihal Pengelolaan Terminal Angkutan Umum di Kota Surabaya.
Partisipasi:
Partisipasi gender L/P tugas pekerjaan lapangan kebanyakan laki-laki.
Operator kendaraan angkutan umum didominasi laki-laki.
Kontrol:
Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan Pengelolaan Terminal Angkutan Umum didominasi laki-laki.
Manfaat:
Agar pelaksanaan pekerjaan Pengelolaan Terminal Angkutan Umum di Surabaya sesuai dengan proporsional gender.
- Sebab Kesenjangan Internal :
SDM :
Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender.
Belum maksimalnya himbauan tentang kesetaraan gender disertai dengan pengaplikasian atau pemasangan signal/tanda/rambu terkait gender.
Sarana Prasarana :
Sarana Kegiatan Pengelolaan Terminal Angkutan Umum tipe C di Surabaya belum mengakomodir gender.
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Masih adanya anggapan bahwa perempuan hanya mengurusi pekerjaan domestik.
Banyak masyarakat yang tidak mengetahui informasi tentang gender pada proses Pengelolaan Terminal Angkutan Umum di Surabaya.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Menyelenggarakan Pengelolaan Terminal Angkutan Umum di Surabaya, Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa angkutan umum yang lebih responsif gender.
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Terselenggaranya Terminal Angkutan Umum yang Dikelola secara selama 12 bulan
Outcome: • Terciptanya transportasi Angkutan umum yang selamat, aman, tertib, lancar dan terkendali untuk semua jenis kendaraan yang beroperasi di terminal
• Pengguna Terminal setara gender baik laki laki maupun perempuan
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
19923025194 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Sosialiasi kepada Pegawai yang bertugas di terminal dan pengguna angkutan umum |
Aktivitas 2 |
Berkoordinasi dengan aparatur terkait |
Aktivitas 3 |
Meningkatkan konsultasi dengan tenaga ahli/pakar |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Terselenggaranya Terminal Angkutan Umum yang Dikelola secara selama 12 bulan
Outcome:
• Terciptanya transportasi Angkutan umum yang selamat, aman, tertib, lancar dan terkendali untuk semua jenis kendaraan yang beroperasi di terminal
• Pengguna Terminal setara gender baik laki laki maupun perempuan
|