NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Perhubungan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Perhubungan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) |
KEGIATAN
|
Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota |
SUB KEGIATAN
|
Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota (Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I) |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Memperoleh data kecepatan rata-rata pada ruas-ruas jalan di Kota Surabaya pada Tahun 2022 Tahap I. Dapat tersusun laporan analisa kecepatan kendaraan di Kota Surabaya melalui Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I. |
KODE SUB KEGIATAN
|
Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota (Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I) |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Kota Surabaya terdiri dari ±3 juta jiwa dengan luas sekitar 326.360 hektar yang seringkali mengalami kemacetan lalu lintas
- Akses informasi kajian survey kinerja lalu lintas tahap I
L : 55 persen
P : 45 persen
- Kegiatan kajian survey kinerja lalu lintas tahap I Lintas mengerahkan personil / pegawai
L : 70 persen
P : 30 persen
- Jumlah pengakses kajian
L : 60 persen
P : 40 persen
- Jumlah pengakses kajian
L : 60 persen
P : 40 persen
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Peluang akses dalam menggunakan kajian adalah sama (masyarakat, mahasiswa, peneliti, dan lainnya)
Partisipasi:
Partisipasi gender dalam pekerjaan survey lapangan (survey kinerja) kebanyakan adalah laki laki (pegawai didominasi laki-laki)
Kontrol:
Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan survey kinerja lalu lintas tahap I didominasi Laki-laki.
Manfaat:
Meminimalisir kemacetan lalu lintas di Surabaya dan dapat menciptakan keamanan bagi semua gender
- Sebab Kesenjangan Internal :
Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Masih banyak anggapan bahwa perempuan hanya mengurusi pekerjaan internal. Banyak komponen masyarakat yang tidak mengetahui informasi PUG ketika proses pekerjaan maupun survey lapangan kegiatan kinerja lalu lintas berlangsung.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Melakukan kajian terkait kinerja lalu lintas sehingga memperoleh data kecepatan rata-rata pada ruas-ruas jalan di Kota Surabaya pada Tahun 2022 Tahap I agar nyaman dan aman untuk semua gender. Melaksanakan kegiatan Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten / Kota melalui Survey Kinerja Lalu Lintas Tahap I agar dalam proses pelaksanaannya dapat sesuai dengan kaidah PUG.
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Tersedianya hasil penelitian berupa dokumen survey kinerja lalu lintas tahap I di Kota Surabaya yang responsif gender.
Outcome: Terciptanya lalu lintas di Kota Surabaya yang selamat, aman, tertib, lancar dan terkendali untuk semua jenis kendaraan yang beroperasi bagi laki-laki maupun perempuan. Pengendara di Kota Surabaya setara gender baik laki laki maupun perempuan merasa aman, tertib, lancar. Meningkatnya studi terkait oleh umum, mahasiswa maupun ahli/pakar.
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
3451976020 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Sosialisasi kepada seluruh Pegawai Penataan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk pelaksanaan survey lapangan maupun kajian sesuai lokasi yang telah ditentukan |
Aktivitas 2 |
Berkoordinasi dengan aparatur terkait lainnya maupun berkoordinasi dengan tenaga ahli atau pakar |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Tersedianya hasil penelitian berupa dokumen survey kinerja lalu lintas tahap I di Kota Surabaya yang responsif gender.
Outcome:
Terciptanya lalu lintas di Kota Surabaya yang selamat, aman, tertib, lancar dan terkendali untuk semua jenis kendaraan yang beroperasi bagi laki-laki maupun perempuan. Pengendara di Kota Surabaya setara gender baik laki laki maupun perempuan merasa aman, tertib, lancar. Meningkatnya studi terkait oleh umum, mahasiswa maupun ahli/pakar.
|