GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Perhubungan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Perhubungan
UNIT ORGANISASI Dinas Perhubungan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program Penyelenggaraan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ)
KEGIATAN Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas untuk Jaringan Jalan Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Pengawasan dan Pengendalian Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan untuk Jalan Kabupaten/Kota
TUJUAN SUB KEGIATAN Terciptanya Sistem Transportasi yang selamat, aman, tertib, lancar dan terkendali di seluruh Wilayah Kota Surabaya.
KODE SUB KEGIATAN Pengawasan dan Pengendalian Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan untuk Jalan Kabupaten/Kota
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Data Pemilik Kendaraan Bermotor Wajib Uji di Kota Surabaya : 92.884 L = 88.240 (95 persen) P = 4.644 (5 persen)
    • Adanya kesamaan informasi perihal peraturan lalu lintas L = 88.240 (95 persen) P = 4.644 (5 persen)
    • Jumlah pemilik kendaraan angkutan umum dan barang yang dilakukan pemeriksaan di jalan: 4.041 L = 3.959 (98 persen) P = 82 (2 persen)
    • Jumlah pemilik kendaraan angkutan umum dan barang yang telah dilakukan uji emisi di jalan: 3.121 L = 3.059 (98 persen) P = 62 (2 persen)
    • Pejabat yang melakukan pengawasan pada kegiatan ini Eselon IV : L = 1 P = 0
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan informasi perihal peraturan lalu lintas. Namun jumlah pemilik kendaraan bermotor yang sadar terkait informasi perihal tata aturan perundangan tentang lalu lintas untuk perempuan lebih sedikit disbanding laki-laki. L = 98 persen P = 2 persen
      Partisipasi:
      Proporsi pemilik kendaraan bermotor Perempuan 4.644 yang paham tentang peraturan lalu lintas, lebih rendah dibandingan Laki-laki 88.240
      Kontrol:
      Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Sarana Angkutan Jalan didominasi Laki-laki.
      Manfaat:
      Meningkatnya kesadaran pemilik kendaraan angkutan umum dan barang yang mematuhi peraturan lalu lintas. Meningkatnya jumlah pemilik kendaraan bermotor untuk Mengurangi / mencegah pencemaran udara yang disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Masih adanya anggapan bahwa perempuan hanya mengurusi pekerjaan domestik
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Terciptanya Sistem Transportasi yang selamat, aman, tertib, lancar, terkendali, dan ramah terhadap kebutuhan gender di seluruh Wilayah Kota Surabaya
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatnya akses informasi perihal peningakatan pemahaman tentang peraturan perundangan terkait Lalu Lintas dan Angkutan Jalan L : dari 2.041 menjadi 1.014 P : dari 82 menjadi 12
    Outcome: 2. Terciptanya pemilik kendaraan bermotor khususnya angkutan umum dan barang yang mentaati dan memahami tentang peraturan lalu lintas L : dari 2.041 menjadi 1.014 P : dari 82 menjadi 12
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 13757200234
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melakukan Operasi uji emisi gas buang kendaraan bermotor.
Aktivitas 2 Melakukan Operasi gabungan pemeriksaan surat-surat kendaraan
Aktivitas 3 Kegiatan ramp check (inspeksi keselamatan) di terminal-terminal
Aktivitas 4 Melakukan Operasi penertiban dan penindakan pelanggaran lalu lintas di jalan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatnya akses informasi perihal peningakatan pemahaman tentang peraturan perundangan terkait Lalu Lintas dan Angkutan Jalan L : dari 2.041 menjadi 1.014 P : dari 82 menjadi 12
Outcome:
2. Terciptanya pemilik kendaraan bermotor khususnya angkutan umum dan barang yang mentaati dan memahami tentang peraturan lalu lintas L : dari 2.041 menjadi 1.014 P : dari 82 menjadi 12