GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan Administrasi Pembangunan

NAMA PERANGKAT DAERAH Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan Administrasi Pembangunan
UNIT ORGANISASI Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan Administrasi Pembangunan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Perekonomian dan pembangunan
KEGIATAN Pengelolaan Pengadaan barang dan jasa
SUB KEGIATAN Pengelolaan Pengadaan barang dan jasa
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatnya presentase ketersediaan barang dan jasa perkantoran
KODE SUB KEGIATAN Program Perekonomian dan Pembangunan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Permasalahn terkait dokumen : 1. Ketidaksesuaian antara realisasi dengan perencanaan 2. adanya review design
    • Adanya Peraturan Pengadaan Barang/Jasa yang berubah dalam melaksanakan kegiatan Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
    • Jumlah dokumen pengadaan lelang barang/jasa yang terselesaikan Tahun 2022 sebanyak 343 dokumen.
    • Jumlah dokumen pengadaan lelang barang/jasa yang masuk tahun 2022 sebanyak 416 dokumen
    • Jumlah pegawai Kelompok Kerja Pemilihan pengadaan barang dan jasa berdasarkan Surat Keputusan Walikota Surabaya No.6 Tahun 2021 adalah sejumlah 26 orang L : 9 anggota P: 17 anggota
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Semua PD mendapatkan akses dari BPBJAP
      Partisipasi:
      Tidak senua perangkat daerah terlibat kegiatan gender
      Kontrol:
      perangakt daerah memiliki kewenangan untuk mengusulkan ke BPBJAP terkait pengadaan barang/jasa
      Manfaat:
      PD partisipan mendapat keabsahan legalitas dan kemudahan dalam proses pengadaan barang/jasa
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Kurangnya kompetensi untuk melakukan analisis gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. karena perencanaan dari PD partisipan belum final sampai dengan waktu yang ditetapkan 2. adanya reviwe design dari PD partisipan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatnya prosentase ketersediaan barang dan jasa perkantoran bagi Perangkat Daerah partisipan. 20 Dokumen (Akumulasi) Total Teralokasi : 20 Dokumen
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Terlaksananya Pendampingan dan pembinaan kelompok kerja pemilihan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa dibidang hukum dan teknis sebanyak 20 kali dalam 1 tahun, yang dilaksanakan oleh Pokja (Kelompok Ke4a) : 17 gender perempuan berbanding dengan 9 gender laki- laki,
    Outcome: Sub Keoiatan : 20 Dokumen (Akumulasi) Total Teralokasi : 20 Dokumen
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 3124700000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pendampingan dan pembinaan kelompok kerja pemilihan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan bara dibidan hukum dan teknis
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Terlaksananya Pendampingan dan pembinaan kelompok kerja pemilihan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa dibidang hukum dan teknis sebanyak 20 kali dalam 1 tahun, yang dilaksanakan oleh Pokja (Kelompok Ke4a) : 17 gender perempuan berbanding dengan 9 gender laki- laki,
Outcome:
Sub Keoiatan : 20 Dokumen (Akumulasi) Total Teralokasi : 20 Dokumen