GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Perhubungan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Perhubungan
UNIT ORGANISASI Dinas Perhubungan
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Pengawasan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan
KEGIATAN Pengelolaan Transportasi Umum
SUB KEGIATAN Pengelolaan Transportasi Umum
TUJUAN SUB KEGIATAN Melayani masyarakat dalam melakukan mobilisasi dalam 3 koridor pelayanan (Koridor Utara-Selatan, koridor Timur-Barat, dan koridor MERR)
KODE SUB KEGIATAN Pengawasan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Data penumpang Suroboyo Bus di Kota Surabaya : L = 412.315 (36,69 persen) P = 711.162 (63,31 persen)
    • Adanya kesamaan informasi perihal penggunaan Suroboyo Bus di Kota Surabaya : L = 412.315 (36,69 persen) P = 711.162 (63,31 persen)
    • Jumlah penumpang yang menggunakan Suroboyo Bus : L = 412.315 (36,69 persen) P = 711.162 (63,31 persen)
    • Eselon II : L = 1 P = 0 Eselon III : L = 1 P = 0 Eselon IV : L = 1 P = 0
    • Meningkatnya pelayanan masyarakat pada 3 koridor pelayanan (Koridor Utara-Selatan, koridor Timur-Barat, dan koridor MERR) : L = 412.315 (36,69 persen) P = 711.162 (63,31 persen)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan informasi perihal penggunaan Suroboyo Bus di Kota Surabaya. Namun jumlah pengguna Suroboyo Bus Laki-laki lebih rendah dibanding Perempuan.
      Partisipasi:
      Proporsi penumpang Suroboyo Bus Laki-laki, lebih rendah dibandingan Perempuan
      Kontrol:
      Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap Pengelolaan Transportasi Umum didominasi Laki-laki.
      Manfaat:
      Proporsi pelayanan terhadap masyarakat Laki-laki : 412.315 (36,69 persen) untuk meningkatkan pelayanan di koridor lebih rendah dibandingkan Perempuan 711.162 (63,31 persen).
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender. Belum tersedianya pool (Tempat Parkir) Suroboyo Bus yang memadai. Belum optimalnya bengkel Suroboyo Bus
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Masih adanya anggapan bahwa Suroboyo Bus hanya digunakan oleh penumpang
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Melayani masyarakat dalam melakukan mobilisasi dalam 3 koridor pelayanan (Koridor Utara-Selatan, koridor Timur-Barat, dan koridor MERR) baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatnya akses Informasi tentang Suroboyo Bus L : dari 188.322 orang menjadi 412.316 orang P : dari 324.818 orang menjadi 711.161 orang Meningkatkan Pengguna Suroboyo Bus L : dari 188.322 orang menjadi 412.316 orang P : dari 324.818 orang menjadi 711.161 orang
    Outcome: Terciptanya pelayanan Suroboyo Bus kepada masyarakat di 3 koridor pelayanan (Koridor Utara-Selatan, koridor Timur-Barat, dan koridor MERR) : L : dari 188.322 orang menjadi 412.316 orang P : dari 324.818 orang menjadi 711.161 orang
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 19526059196
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melakukan pengelolaan transportasi umum (Suroboyo Bus)
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatnya akses Informasi tentang Suroboyo Bus L : dari 188.322 orang menjadi 412.316 orang P : dari 324.818 orang menjadi 711.161 orang Meningkatkan Pengguna Suroboyo Bus L : dari 188.322 orang menjadi 412.316 orang P : dari 324.818 orang menjadi 711.161 orang
Outcome:
Terciptanya pelayanan Suroboyo Bus kepada masyarakat di 3 koridor pelayanan (Koridor Utara-Selatan, koridor Timur-Barat, dan koridor MERR) : L : dari 188.322 orang menjadi 412.316 orang P : dari 324.818 orang menjadi 711.161 orang