NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Perhubungan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Perhubungan |
TAHUN ANGGARAN
|
2021 |
PROGRAM
|
Pengawasan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan |
KEGIATAN
|
Penyelenggaraan Sarana Transportasi Bagi Pelajar |
SUB KEGIATAN
|
Penyelenggaraan Sarana Transportasi Bagi Pelajar |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Memberikan layanan transportasi gratis berupa bus yang beroperasi pada koridor/rute yang telah ditentukan untuk melayani pelajar Kota Surabaya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar Kota Surabaya |
KODE SUB KEGIATAN
|
Pengawasan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Data Pelajar/Siswa di Kota Surabaya :
L = 42.534 (40 persen)
P = 63.800 (60 persen)
- Adanya kesamaan informasi perihal penggunaan Bus Sekolah di Kota Surabaya :
L = 40 persen
P = 60 persen
- Jumlah siswa yang menggunakan bus Sekolah :
L = 40 persen
P = 60 persen
Jumlah siswa yang tidak menggunakan bus Sekolah :
L = 40 persen
P = 60 persen
- Kontrol :
Eselon II :
L = 1
P = 0
Eselon III :
L = 1
P = 0
Eselon IV :
L = 0
P = 1
- Meningkatnya pelayanan transportasi gratis berupa bus yang beroperasi pada koridor/rute yang telah ditentukan untuk melayani pelajar Kota Surabaya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar Kota Surabaya:
L = 40 persen
P = 60 persen
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan informasi perihal perihal penggunaan Bus Sekolah di Kota Surabaya.
Namun jumlah pelajar/siswa Laki-laki yang mendapatkan informasi perihal penggunaan Bus Sekolah lebih rendah dibandingkan Perempuan.
Partisipasi:
Proporsi pelajar/siswa pengguna Bus Sekolah Laki-laki, lebih rendah dibandingan Perempuan
Kontrol:
Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan Penyelenggaraan Sarana Transportasi Bagi Pelajar didominasi Laki-laki.
Manfaat:
Proporsi pelajar/siswa pengguna Bus Sekolah
Perempuan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar lebih rendah dibandingkan laki-laki.
- Sebab Kesenjangan Internal :
Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender.
Belum tersedianya armada Bus Sekolah sesuai kebutuhan.
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Masih adanya anggapan bahwa perempuan yang boleh menggunakan Bus Sekolah
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Memberikan layanan transportasi gratis berupa bus yang beroperasi pada koridor/rute yang telah ditentukan untuk melayani pelajar Kota Surabaya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar Kota Surabaya baik laki-laki maupun perempuan
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Meningkatnya akses informasi perihal penggunaan Bus Sekolah di Kota Surabaya
L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org
P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
Meningkatnya jumlah siswa yang menggunakan bus Sekolah :
L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org
P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
Outcome: Terciptanya pelayanan bus sekolah yang mengurangi kecelakaan lalu lintas bagi pelajar :
L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org
P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
1225469495 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Melakukan Pemeliharaan dan Perawatan Bus Sekolah. |
Aktivitas 2 |
Melakukan Pembayaran Gaji Driver Bus Sekolah. |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Meningkatnya akses informasi perihal penggunaan Bus Sekolah di Kota Surabaya
L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org
P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
Meningkatnya jumlah siswa yang menggunakan bus Sekolah :
L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org
P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
Outcome:
Terciptanya pelayanan bus sekolah yang mengurangi kecelakaan lalu lintas bagi pelajar :
L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org
P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
|