GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Perhubungan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Perhubungan
UNIT ORGANISASI Dinas Perhubungan
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Pengawasan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan
KEGIATAN Penyelenggaraan Sarana Transportasi Bagi Pelajar
SUB KEGIATAN Penyelenggaraan Sarana Transportasi Bagi Pelajar
TUJUAN SUB KEGIATAN Memberikan layanan transportasi gratis berupa bus yang beroperasi pada koridor/rute yang telah ditentukan untuk melayani pelajar Kota Surabaya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar Kota Surabaya
KODE SUB KEGIATAN Pengawasan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Data Pelajar/Siswa di Kota Surabaya : L = 42.534 (40 persen) P = 63.800 (60 persen)
    • Adanya kesamaan informasi perihal penggunaan Bus Sekolah di Kota Surabaya : L = 40 persen P = 60 persen
    • Jumlah siswa yang menggunakan bus Sekolah : L = 40 persen P = 60 persen Jumlah siswa yang tidak menggunakan bus Sekolah : L = 40 persen P = 60 persen
    • Kontrol : Eselon II : L = 1 P = 0 Eselon III : L = 1 P = 0 Eselon IV : L = 0 P = 1
    • Meningkatnya pelayanan transportasi gratis berupa bus yang beroperasi pada koridor/rute yang telah ditentukan untuk melayani pelajar Kota Surabaya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar Kota Surabaya: L = 40 persen P = 60 persen
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan informasi perihal perihal penggunaan Bus Sekolah di Kota Surabaya. Namun jumlah pelajar/siswa Laki-laki yang mendapatkan informasi perihal penggunaan Bus Sekolah lebih rendah dibandingkan Perempuan.
      Partisipasi:
      Proporsi pelajar/siswa pengguna Bus Sekolah Laki-laki, lebih rendah dibandingan Perempuan
      Kontrol:
      Pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan Penyelenggaraan Sarana Transportasi Bagi Pelajar didominasi Laki-laki.
      Manfaat:
      Proporsi pelajar/siswa pengguna Bus Sekolah Perempuan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar lebih rendah dibandingkan laki-laki.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Belum optimalnya pemahaman SDM perihal konsep gender. Belum tersedianya armada Bus Sekolah sesuai kebutuhan.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Masih adanya anggapan bahwa perempuan yang boleh menggunakan Bus Sekolah
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Memberikan layanan transportasi gratis berupa bus yang beroperasi pada koridor/rute yang telah ditentukan untuk melayani pelajar Kota Surabaya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar Kota Surabaya baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatnya akses informasi perihal penggunaan Bus Sekolah di Kota Surabaya L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org Meningkatnya jumlah siswa yang menggunakan bus Sekolah : L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
    Outcome: Terciptanya pelayanan bus sekolah yang mengurangi kecelakaan lalu lintas bagi pelajar : L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 1225469495
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melakukan Pemeliharaan dan Perawatan Bus Sekolah.
Aktivitas 2 Melakukan Pembayaran Gaji Driver Bus Sekolah.
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatnya akses informasi perihal penggunaan Bus Sekolah di Kota Surabaya L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org Meningkatnya jumlah siswa yang menggunakan bus Sekolah : L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org
Outcome:
Terciptanya pelayanan bus sekolah yang mengurangi kecelakaan lalu lintas bagi pelajar : L : dari 18.261 org menjadi 21.664 org P : dari 32.495 org menjadi 33.914 org