GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Bagian Organisasi

NAMA PERANGKAT DAERAH Bagian Organisasi
UNIT ORGANISASI Bagian Organisasi
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Penataan Kelembagaan dan Ketatalaksanaan
KEGIATAN Survey Kepuasan Masyarakat
SUB KEGIATAN Monitoring, Evaluasi dan Pengendalian Kualitas Pelayanan Publik dan Tata Laksana
TUJUAN SUB KEGIATAN Persentase kinerja unit penyelenggara pelayanan yang minimal mutu pelayanannya kategori baik
KODE SUB KEGIATAN 4.01.01.2.13.04
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Penduduk laki-laki Kota Surabaya 1.570.857 (2019) Penduduk perempuan Kota Surabaya 1.588.624 (2019)
    • Penyelenggara pelayanan publik di Kota Surabaya yang disurvey : 31 Kecamatan 154 Kelurahan 63 Puskesmas Lab Kesehatan 2 RSUD Dispenduk capil 2 UPTSA
    • 63 Puskesmas
    • Lab Kesehatan 2 RSUD
    • Dispenduk capil 2 UPTSA
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses perihal mengikuti survey kepuasan masyarakat antara perempuan dan laki laki
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah responden perempuan lebih banyak dari laki laki L : 22,92 % P : 77,08%
      Kontrol:
      Petugas yang mengarahkan pelaksanaan survey kepuasan masyarakat memiliki proporsi yang sama antara laki - laki dan perempuan
      Manfaat:
      proporsi perempuan yang menyatakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan sama dengan laki - laki
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Pemahaman petugas tentang Gender perlu ditingkatkan
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Kurang pahamnya survey dalam memilih responden yang akan di survey
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Mengetahui tingkat kepuasan masyarakat baik laki – laki maupun perempuan dan harapan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan pubik di Kota Surabaya
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatnya partisipasi masyarakat mengikuti survey kepuasan L : 50 % P : 50%
    Outcome: Meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Surabaya pada nilai kepuasan 76% L : 50 % P : 50%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 720.250423
RENCANA AKSI
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatnya partisipasi masyarakat mengikuti survey kepuasan L : 50 % P : 50%
Outcome:
Meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Surabaya pada nilai kepuasan 76% L : 50 % P : 50%