NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik |
KEGIATAN
|
Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota |
SUB KEGIATAN
|
Pengelolaan Media Komunikasi Publik |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Penyediaan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya |
KODE SUB KEGIATAN
|
2.16.02.2.02.05 |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah penduduk Kota Surabaya
L: 1.473.744 (49,6%)
P: 1.497.099 (50,4%)
- Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya 466.696 Pengikut
- Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya
L: 40.435 (55,3%)
P: 32.694 (44,7%)
Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya
L: 225.467 (57,3%)
P: 168.100 (42,7%)
- Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III
L: 1
P: 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya
L: 265.902 (57%)
P: 200.794 (43%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya
Partisipasi:
Proporsi laki-laki (55,3%) yang mengikuti akun Sapawarga Kota Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (44,7%)
Proporsi laki-laki (57,3%) yang mengikuti akun Bangga Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (42,7%)
Kontrol:
Pejabat pengawas kegiatan Pengelolaan Media Komunikasi Publik didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Terwujudnya publikasi mengenai informasi program Pemerintah Kota Surabaya
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif Gender
2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi Gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki
2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Menerima pengikut sosial media baik lakilaki maupun perempuan
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: 1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya.
2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan.
Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan
Outcome: Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
10923204232 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Melaksanakan pembuatan dashboard analisa insight sosial media |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya.
2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan.
Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan
Outcome:
Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya
|