GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Komunikasi dan Informatika

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Komunikasi dan Informatika
UNIT ORGANISASI Dinas Komunikasi dan Informatika
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik
KEGIATAN Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Pengelolaan Media Komunikasi Publik
TUJUAN SUB KEGIATAN Penyediaan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya
KODE SUB KEGIATAN 2.16.02.2.02.05
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah penduduk Kota Surabaya L: 1.473.744 (49,6%) P: 1.497.099 (50,4%)
    • Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya 466.696 Pengikut
    • Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya L: 40.435 (55,3%) P: 32.694 (44,7%) Jumlah masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya L: 225.467 (57,3%) P: 168.100 (42,7%)
    • Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III L: 1 P: 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya L: 265.902 (57%) P: 200.794 (43%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya
      Partisipasi:
      Proporsi laki-laki (55,3%) yang mengikuti akun Sapawarga Kota Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (44,7%) Proporsi laki-laki (57,3%) yang mengikuti akun Bangga Surabaya lebih tinggi dibanding perempuan (42,7%)
      Kontrol:
      Pejabat pengawas kegiatan Pengelolaan Media Komunikasi Publik didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Terwujudnya publikasi mengenai informasi program Pemerintah Kota Surabaya
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif Gender 2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi Gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki 2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Menerima pengikut sosial media baik lakilaki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: 1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya. 2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan
    Outcome: Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 10923204232
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melaksanakan pembuatan dashboard analisa insight sosial media
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya. 2. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Sapawarga Kota Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan. Masyarakat yang mendapatkan publikasi informasi program Pemerintah Kota Surabaya melalui akun Bangga Surabaya tidak mengalami penaikan maupun penurunan
Outcome:
Terciptanya masyarakat yang menerima publikasi informasi terkait program Pemerintah Kota Surabaya