GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Komunikasi dan Informatika

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Komunikasi dan Informatika
UNIT ORGANISASI Dinas Komunikasi dan Informatika
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program Pengelolaan Aplikasi Informatika
KEGIATAN Pengelolaan egovernment Di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
TUJUAN SUB KEGIATAN Peningkatan kompetensi sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
KODE SUB KEGIATAN 2.16.03.2.02.10
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Dinas Komunikasi dan Informatika pada SubKegiatan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah memiliki program kerja yang bernama Broadband Learning Center (BLC) yaitu program pelatihan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk warga dan pegawai Pemerintah Kota Surabaya.
    • Pengelolaan BLC ada pada Bidang Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (e-Gov). Jumlah pegawai Bidang Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (e-Gov): L: 38 (62,30%) P: 23 (37,70%)
    • Adanya kesamaan kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar Broadband Learning Center (BLC) yang bertugas dalam pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah.
    • Jumlah pegawai tenaga pengajar BLC: L: 30 (78,95%) P: 8 (21,05%)
    • Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III L: 1 P: 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar Broadband Learning Center (BLC) yang bertugas dalam pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah.
      Partisipasi:
      Proporsi laki-laki (78,95%) yang menjagi pengajar BLC lebih tinggi dibanding perempuan (21,05%)
      Kontrol:
      Pejabat pengawas kegiatan BLC didominasi oleh laki-laki
      Manfaat:
      Meningkatnya perempuan yang menjadi tenaga pengajar BLC
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif Gender 2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi Gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki 2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan peran perempuan dalam menjadi tenaga pengajar BLC
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatnya tenaga pengajar perempuan pada BLC
    Outcome: Meningkatnya peran perempuan dalam peningkatan kompetensi sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 27263799853
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Meningkatkan pemahaman tentang pembangunan responsif gender
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatnya tenaga pengajar perempuan pada BLC
Outcome:
Meningkatnya peran perempuan dalam peningkatan kompetensi sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah