NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
Program Pengelolaan Aplikasi Informatika |
KEGIATAN
|
Pengelolaan egovernment Di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota |
SUB KEGIATAN
|
Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Peningkatan kompetensi sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah |
KODE SUB KEGIATAN
|
2.16.03.2.02.10 |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Dinas Komunikasi dan Informatika pada SubKegiatan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah memiliki program kerja yang bernama Broadband Learning Center (BLC) yaitu program pelatihan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk warga dan pegawai Pemerintah Kota Surabaya.
- Pengelolaan BLC ada pada Bidang Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (e-Gov). Jumlah pegawai Bidang Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (e-Gov):
L: 38 (62,30%)
P: 23 (37,70%)
- Adanya kesamaan kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar Broadband Learning Center (BLC) yang bertugas dalam pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah.
- Jumlah pegawai tenaga pengajar BLC:
L: 30 (78,95%)
P: 8 (21,05%)
- Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III
L: 1
P: 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar Broadband Learning Center (BLC) yang bertugas dalam pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah.
Partisipasi:
Proporsi laki-laki (78,95%) yang menjagi pengajar BLC lebih tinggi dibanding perempuan (21,05%)
Kontrol:
Pejabat pengawas kegiatan BLC didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Meningkatnya perempuan yang menjadi tenaga pengajar BLC
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif Gender
2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi Gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki
2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan peran perempuan dalam menjadi tenaga pengajar BLC
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Meningkatnya tenaga pengajar perempuan pada BLC
Outcome: Meningkatnya peran perempuan dalam peningkatan kompetensi sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
27263799853 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Meningkatkan pemahaman tentang pembangunan responsif gender |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Meningkatnya tenaga pengajar perempuan pada BLC
Outcome:
Meningkatnya peran perempuan dalam peningkatan kompetensi sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah
|