GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Komunikasi dan Informatika

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Komunikasi dan Informatika
UNIT ORGANISASI Dinas Komunikasi dan Informatika
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik
KEGIATAN Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik
SUB KEGIATAN Pelayanan Informasi Publik
TUJUAN SUB KEGIATAN Memberikan pelayanan dengan menerima keluhan dan pengaduan masyarakat serta permohonan informasi dan dokumentasi publik
KODE SUB KEGIATAN 2.16.02.2.01.06
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah penduduk Kota Surabaya L: 1.568.984 (49,7%) P: 1.588.142 (50,3%)
    • Adanya kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik. 903.413 Orang
    • 1. Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline L: 6 (60%) P: 4 (40%) 2. Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online L: 2.376 (66%) P: 1.203 (34%)
    • Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III L: 0 P:1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Meningkatnya aksesibilitas masyarakat dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik L: 2.382 (66%) P: 1.207 (34%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan masyarakat untuk mendapatkan informasi perihal layanan Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik
      Partisipasi:
      1. Proporsi laki-laki (60%) yang melakukan Keluhan dan Pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline lebih tinggi dibandingkan perempuan (40%) 2. Proporsi laki-laki (66%) yang melakukan Keluhan dan Pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online lebih tinggi dibanding perempuan (34%)
      Kontrol:
      Pejabat pengawas kegiatan Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Meningkatkan aksesibilitas perempuan (66%) dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik lebih rendah dibandingkan laki-laki (34%)
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih belum optimalnya SDM yang mengetahui tentang pembangunan responsif Gender 2. Masih belum optimalnya media KIE perihal edukasi Gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Adanya anggapan pencari nafkah utama adalah laki-laki 2. Pekerjaan domestik hanya bisa dikerjakan oleh perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Menerima Keluhan dan Pengaduan Masyarakat serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: 1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik. Dari 618.095 orang menjadi 903.413 orang (46%) 2. Masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan, serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline mengalami penurunan (dikarenakan kondisi pandemi). Laki-laki dari 18 orang menjadi 6 orang (67%) Perempuan dari 14 orang menjadi 4 orang (71%) Meningkatnya Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online Laki-laki dari 2.038 orang menjadi 2.376 orang (17%) Perempuan dari 1.117 orang menjadi 1.203 orang (8%)
    Outcome: Terciptanya masyarakat yang transparan dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 1092562285
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melaksanakan pengadaan cetak Buku Rekapitulasi Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik guna bahan evaluasi dan pelaporan
Aktivitas 2 Melaksanakan pengadaan penyediaan maps guna mendukung akurasi lokasi untuk layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
1. Meningkatkan kesamaan untuk mendapatkan informasi perihal layanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik. Dari 618.095 orang menjadi 903.413 orang (46%) 2. Masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan, serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara offline mengalami penurunan (dikarenakan kondisi pandemi). Laki-laki dari 18 orang menjadi 6 orang (67%) Perempuan dari 14 orang menjadi 4 orang (71%) Meningkatnya Jumlah masyarakat yang melakukan keluhan dan pengaduan serta Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik secara online Laki-laki dari 2.038 orang menjadi 2.376 orang (17%) Perempuan dari 1.117 orang menjadi 1.203 orang (8%)
Outcome:
Terciptanya masyarakat yang transparan dalam menyampaikan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, Permohonan Informasi dan Dokumentasi Publik