TERM OF REFERENCE

A. LATAR BELAKANG
 

Gender adalah Perbedaan antara Laki-Laki dan Perempuan dalam Peran, Fungsi, Hak, Tanggung Jawab dan Perilaku yang dibentuk oleh Tata Nilai Sosial, Budaya dan Adat Istiadat dari Kelompok Masyarakat yang dapat Berubah menurut Waktu serta Kondisi Setempat. Pada Masyarakat Indonesia, Perbedaan Jenis Kelamin Laki-Laki dan Perempuan telah Mengakibatkan adanya Perbedaan Perilaku, Peran dan Perlakuan antara Laki-Laki dan Perempuan yang diciptakan oleh Masyarakat melalui Proses Sosial dan Budaya yang Panjang. Kebijakan “Pengarusutaman” Gender pada Momentum Regulasi bagi Pemberdayaan Perempuan ditandai dengan di Undangkannya Inpres No.9 Tahun 2000. Inpres ini Mengisyaratkan Bahwa dalam Pembangunan Harus dimasukkan Analisa Gender pada Program-Program Kerja dan Seluruh Kegiatan Instansi Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan Lainnya. Mulai dari Tahap Perencanaan, Penyusunan serta Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG). PPRG dilaksanakan sesuai dengan amanat Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019 Tentang PENGARUSUTAMAAN GENDER dan Peraturan Walikota Nomor 43 tahun 2020 tentang PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA SURABAYA NOMOR 4 TAHUN 2019 Tentang PENGARUSUTAMAAN GENDER untuk Mencapai Pembangunan di Kota Surabaya yang Adil Baik bagi Laki-Laki maupun Perempuan

B. TUJUAN
 

Terpenuhinya Target Sarana dan Prasarana Masyarakat di Kelurahan Karangpoh yang Responsif Gender, dengan Mengagendakan secara Eksplisit hal-hal yang Menjadi Masalah bagi Tenaga Kerja Laki-Laki dan Perempuan Saat Penyusunan Agenda dan Intervensi Pembangunan

C. OUTPUT YANG INGIN DICAPAI
 

Ada 4 Sarana dan Prasarana Kelurahan yang Terbangun berupa Pembangunan Saluran / U-Ditch di RW.02, RW.03 RW.06 dan RW.07

D. RINCIAN KEGIATAN
 

Survey Lokasi untuk Perencanaan-Pelaksanaan Pembangunan-Pengawasan Pekerjaan

3. TEMPAT DAN WAKTU
 

Pembangunan Saluran U-Ditch 40/60 -Balongsari Madya III RT.02 RW.02 -Jl. Darmo Indah Sari RT.04 RW.03 -Jl. Gadel Sari Madya I RT.14 RW.06 -Jl. Gadel Sari Madya SDN RT.13 RW.06 -Jl. Tubanan Baru RT.02 RW.07

4. PESERTA
 

Unsur Pemerintah Kota : Pengguna Anggaran (Camat), Pejabat Pembuat Komitmen (Lurah), Pejabat Pengelola Keuangan Pembantu (Sekretaris), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (Kasi Pembangunan, Ketentraman dan Ketertiban), Bendahara (Staf), Lembaga Kemasyarakatan : LPMK, RW.01 sd 09, 55 RT, Seksi Pembangunan RW dan RT, Pihak Ketiga : Konsultan Perencana (Direktur, Surveyor, Pembantu Surveyor, Drafter, Estimator, Pembuat Laporan), Kontraktor (Direktur, Pelaksana, Mandor, Tukang, Pembantu Tukang), Konsultan Pengawas (Direktur, Supervisor, Drafter, Pembuat Laporan)

5. ANGGARAN
 

Anggaran Sub Kegiatan Rp. 2.902.166.267 (APBD Murni Kota Surabaya Tahun 2025)

6. JADWAL ACARA
 

Survey Lokasi untuk Perencanaan RW.02, RW.03 RW.06 dan RW.07 pada Januari 2025-Desember 2025, -Pelaksanaan Pembangunan RW.02, RW.03 RW.06 dan RW.07 pada Agustus 2025-September 2025, -Pengawasan Pekerjaan RW.02, RW.03 RW.06 dan RW.07 di bulan Agustus 2025-September 2025

7. PENUTUP
 

-