TERM OF REFERENCE

A. LATAR BELAKANG
 

Kota Surabaya merupakan kota metropolitan kedua di Indonesia. Kota Surabaya menyediakan beragam wisata sebut saja wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner, dan wisata religi. Keanekaragaman destinasi wisata Kota Surabaya ini menarik bagi para wisatawan. Semakin berkembangnya sektor pariwisata secara tidak langsung perlu adanya tata kelola kepariwisataan dan dukungan dari Pemerintah, serta perlu dibentuk organisasi yang bergerak dibidang pariwisata dengan pendampingan secara berkelanjutan.

B. TUJUAN
 

Tujuan yang ingin dicapai dalam pencapaian kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata antara lain Meningkatkan Pengetahuan SDM dan Duta Wisata Kota Surabaya pada bidang pariwisata.

C. OUTPUT YANG INGIN DICAPAI
 

Jumlah kerjasama yang sudah di MoU kan sebanyak 64 MoU dari 2 (dua) jenis usaha pariwisata.

D. RINCIAN KEGIATAN
 

Identifikasi potensi pengembangan wisata, Identifikasi permasalahan dan penyelesaian permasalah, Penyusunan dokumen perencanaan dengan para tenaga ahli.

3. TEMPAT DAN WAKTU
 

Kantor Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata, di Kota Surabaya, Pengusaha Pariwisata. Waktu pelaksanaan bulan Januari s/d Desember 2022.

4. PESERTA
 

Peserta Kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata dari Pemangku Kepentangan Pariwisata.

5. ANGGARAN
 

Anggaran dana kegiatan berasal dari sub kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata kode kegiatan 3.26.05.2.01.02 Tahun Anggaran 2022.

6. JADWAL ACARA
 

Jadwal pelaksanaan kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata di Kota Surabaya dilaksanakan sebanyak 6 kali pada bulan : Maret, Mei, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember.

7. PENUTUP
 

Dengan adanya analisis kesetraaan gender diharapkan dapat meningkatkan kesadaran gender di sub kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata.